Jamal

Blog untuk berbagi pengalaman, khususnya di bidangku yaitu Hp.

Nokia 5320 XpressMusic

Belum hilang rasa kagum akan keberadaan keluarga Nokia XpressMusic seri 5220, kali ini Nokia freaks kembali dibuat hingar-bingar dengan hentakan musik dari ponsel bergenre musik keluaran Nokia yang juga keluarga XpressMusic yaitu seri 5320. Ponsel ini seperti sebuah lanjutan dari Nokia 5220 XpressMusic. Bagi Anda yang ingin lebih tahu sejauh mana performa ponsel yang baru saja resmi dirilis pada awal Agustus 2008 ini. Simak terus ulasan berikut ini.

Desain

Sebagai ponsel yang fresh dan gress, tampilan Nokia 5320 XpressMusic nampaknya terlihat begitu simpel. Seri ini masih setia dengan tongkrongan batangan murni (candy bar), namun terlihat lebih sederhana dibandingkan Nokia 5220 XpressMusic. Memang keduanya punya desain candy bar, tapi di Nokia 5320 XpressMusic anda tak akan menemukan desain yang tak simetris seperti pada Nokia 5220 XpressMusic. Tampak muka ponsel berdimensi 108 x 46 x 15 mm, 67 cc dengan berat 90 gram ini tertanam layar TFT 2.0 inci dengan ketajaman 16M warna dan kerapatan 240 x 320 pixel.

Bagian sisi Nokia 5320 XpressMusic pun begitu trendi dengan list biru/merah serta sentuhan tekstur yang ok punya. Tombol pintas khusus XpressMusic tentu saja akan anda jumpai di bagian ini. Ditambah dengan tombol pengatur volume, tombol pintas menuju kamera, tombol power, slot eksternal memori, slot USB, audio jack 3,5 mm dan port untuk mencharge. Selain itu juga ditemukan lubang speaker yang letaknya sedikit tersembunyi di bawah tombol pintas menuju fitur musik. Untuk tampilan bagian belakangan terdapat lensa kamera lengkap dengan lampu flash tanpa tambahan cermin.

Fitur

Melangkah kedalam fitur, seperti sudah disinggung sedikit di atas, jika keluarga termuda seri XpressMusic ini telah dibekali teknologi ponsel generasi ketiga. Sudah pasti ponsel ini semarak dengan berbagai fitur yang menjadi ciri khas ponsel 3G. Secara umum ponsel keren ini bekerja pada jaringan 3G Network HSDPA 2100/900. Pihak Nokia membentuk citra ponsel ini sebagai perangkat yang memiliki kemampuan entertainmen sosial 3G yang ok punya. Menu yang di sajikan terbilang lengkap, mulai yang bersifat entertain seperti pemutar musik, radio, kamera 2 MP, internet hingga fitur serius yang berbau kantoran.

Disamping kehandalannya dalam memanjakan telingga para user, pihak Nokia ternyata menempatkan juga seri ini sebagai ponsel buat para gamers. Hal tersebut terlihat jelas dengan tertanamnya teknologi N-Gage yang lazim di jumpai pada ponsel yang berbasis game. Di ponsel ini anda sudah dapat memainkan beberapa games yang cihuy seperti Marble, Jely Chase, Groove2 hingga Guitar Rock yang membuat anda layaknya seorang gitaris rock handal. Sedikit informasi, seri Nokia 5320 XpressMusic adalah ponsel Nokia teranyar yang di lengkapi teknologi N-Gage. Sebelumnya ponsel berteknologi N-Gage terakhir yang di luncurkan Nokia adalah seri N81 biasa dan N81 8 GB.

Pemutar Musik dan Radio

Penasaran dengan performa ponsel genre ponsel musik ini tanpa banyak basa-basi. Jemari ini langsung menelusuri menu pemanja audio. Komando musik diseri ini diserahkan kepada kinerja dari pemutar MP3 serta MPEG4. Berbicara kualitas suara yang di hasilkan Nokia 5320 XpressMusic, dapat dibuktikan ketika anda mendengarkannya langsung dari corong speaker body tanpa bantuan headset, suara yang dihasilkan tidak berbeda jauh dengan Nokia 5310 yang juga datang dari keluarga XpressMusic. Jika anda ingin mendapatkan performa yang maksimal, sebaiknya jangan memutar lagu dengan suara yang terlalu kencang. Dan jika ingin lebih sempurna lagi, anda bisa memanfaatkan fasilitas setting equalizer.

Uji coba keluaran suara tak sampai disitu, karena seri ini sudah dilengkapi fasilitas bluetooth A2DP ketika menjajal keluaran suara dengan bantuan headset bluetooth Nokia seri BH-503. Berkat kualitas BH-503 yang mumpuni, hasilnya dua jempol buat keluaran suara yang di hasilkan Nokia 5320 XpressMusic. Kekuatan pemanja telinga semakin bertambah lengkap dengan adanya fitur FM radio dengan RDS. Di fitur ini Anda bisa leluasa menyimpan berbagai saluran favorit hingga 50 channel radio.

Kamera

Nokia 5320 XpressMusic telah dibenamkan kamera berkekuatan 2MP. Jika anda memang Nokia-Freaks pastinya sudah tahu bagaimana kualitas kamera 2MP keluaran Nokia. Hasil bidikan gambar Nokia 5320 XpressMusic ini tidak berbeda jauh dengan Nokia 5220 XpressMusic. Namun seri ini tetap memiliki keunggulan, yakni dalam mengabadikan gambar pada kondisi cahaya yang kurang bersahabat.

Dengan menu pengambilan gambar night mode, ponsel ini sudah tercangkok lampu flash. Dan berkat bantuan lampu flash, sudah pasti membuat hasil karya foto anda jauh lebih baik, walau dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, ponsel ini sudah dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti menu pengaturan image quality, setting ukuran gambar mulai dari 640×480 pixels hingga 1600×1200 pixels, pemilihan white balance, panorama mode sampai pengaturan pilihan warna.

Konektivitas

Layaknya produk yang telah memiliki teknologi ponsel generasi ketiga, sepertinya masalah kenyamanan permindahan data, bukanlah sesuatu yang rumit. Sebagai ponsel yang bekerja dengan sistem operasi OS Symbian OS 9.3, S60 rel. 3.2 dan di tambah teknologi ARM 11, 369 MHz CPU, perangkat konektivitas Nokia 5320 XpressMusic terbilang sangat lengkap. Dalam mentransfer data Anda akan dibuat nyaman dengan bantuan perangkat GPRS Class 32, HSCSD, EDGE Class 32, 3G HSDPA, 3.6 Mbps. Jika belum cukup, anda bisa menjajal memindahkan data dengan perangkat bluetooth dengan A2DP serta port USB. Jika sudah puas transfer file, semua data yang anda miliki dapat disimpan langsung pada internal memori berkapasitas 140 MB, cukup besar bukan? Namun jika itu belum cukup juga, Nokia 5320 XpressMusic telah disediakan slot eksternal memori tipe microSD dengan kapasitas maksimal hingga 8 GB.

Kesimpulan

Kehadiran Nokia 5320 XpressMusic semakin menambah line-up jajaran ponsel genre musik rasa Nokia jika dibandingkan dengan Nokia 5220 XpressMusic yang meluncur kepasaran pada waktu yang hampir bersamaan. Jelas jika teknologi yang tertanam pada tubuh Nokia 5320 XpressMusic jauh lebih canggih dari seri 5220, hal tersebut dikarenakan tertanamnya teknologi ponsel generasi ketiga.

Kelebihan lain dari ponsel ini sudah tentu dari fitur pemanja audio, sebagai ponsel musik, seri ini sudah ditanamkan berbagai menu yang membuat telinga para usernya akan terbuai dengan peforma pemutar musik lumayan baik. Salah satu menu yang di tawarkan pada pemutar musik di Nokia 5320 XpressMusic adalah adanya fasilitas Nokia Say and Play (voice control to music player). Adanya Menu ini membuat user cukup menyebutkan judul atau penyanyi dari lagu favorit, setelah itu lagu yang dimaksud akan dimainkan secara otomatis. Selain cukup handal di musik, Nokia juga menempatkan seri ini sebagai ponsel untuk para gamers. Hal itu dikarenakan ponsel ini sudah dipersenjatai fasilitas game yang berbasis N-Gage.

Spesifikasi Nokia 5320 XpressMusic

Jaringan : 3G Network HSDPA 2100 / 900
System Operasi : OS Symbian OS 9.3, S60 rel. 3.2
Dimensi/Berat : 108 x 46 x 15 mm, 67 cc / 90 gram
Layar : TFT, 16M warna
Ukuran layar : 240 x 320 pixel, 2.0 inci
Konektivitas : GPRS Class 32, EDGE Class 32, 3G HSDPA, Bluetooth A2DP, USB
Memori : Internal 140 MB eksternal memori microSD up to 8GB
Baterai : Li-Ion 890 mAh (BL-5B)
Waktu siaga / bicara : 250 jam / 3 jam 30 min
Fitur : N-Gage, Camera 2MP with flash, Browser WAP 2.0/xHTML, Nokia Say and Play (voice control to music player), Macromedia Flash Lite 3.0, Java MIDP 2.1, Nokia Xpress Audio messaging, FM stereo radio dengan RDS, MP3/MPEG4 player.

Sumber : Cooldesak (edited)

Satu Tanggapan to “Nokia 5320 XpressMusic”

  1. Aris said

    Berapa harganya di tahun 2013??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: