Jamal

Blog untuk berbagi pengalaman, khususnya di bidangku yaitu Hp.

SAMSUNG


1938-1969 : Samsung Mengawali Kiprahnya

Pada tanggal 1 Maret 1938, pendiri dan sekaligus chairman Byung-Chull Lee memulai bisnis di Taegu, Korea dengan modal 30,000 won.

Pada awalnya, bisnis kecil-kecilan Tuan Lee terutama bergerak di bidang ekspor barang dagangan, menjual ikan, sayur, dan buah-buahan kering dari Korea ke Manchuria dan Beijing. Namun hanya dalam waktu satu dekade, Samsung—yang secara harfiah berarti “tiga bintang” dalam Bahasa Korea—telah memiliki pabrik tepung dan pabrik gula sendiri, berikut mesin dan operasional penjualannya sendiri, dan akhirnya menjadi cikal-bakal sebuah perusahaan global modern yang saat ini masih tetap mengemban nama yang sama.

1970-1979 : Melakukan Diversifikasi Industri dan Elektronika

Pada tahun 1970-an, Samsung meletakkan dasar-dasar strategis untuk pertumbuhan perusahaan di masa mendatang dengan cara berinvestasi di dalam industri berat, industri kimia, dan industri petrokimia.

Selama kurun waktu tersebut, perusahaan juga mengambil langkah untuk meningkatkan posisi persaingannya di sektor industri tekstil dunia, dengan menggabungkan proses produksi dari bahan mentah menjadi produk jadi. Hasilnya, banyak perusahaan baru didirikan termasuk Samsung Heavy Industries Company pada 1974, dan Samsung Shipbuilding dan Samsung Precision Company (kini dikenal sebagai Samsung Techwin) di tahun 1977.
Pertumbuhan besar-besaran lainnya untuk Samsung datang dari bisnis peralatan elektronik rumah tangga yang semakin meningkat. Samsung Electronics, yang kini telah menjadi produsen utama di pasar Korea, mulai mengekspor produk-produknya untuk pertama kalinya pada periode ini. Samsung juga memperoleh 50 persen saham Korea Semiconductor, yang selanjutnya memperkuat posisi Samsung Electronics sebagai pemimpin manufaktur semikonduktor.

1980-1989 : Memasuki Pasar Global

Bisnis teknologi inti Samsung mengalami diversifikasi dan dikembangkan secara global pada akhir 1970an dan awal 1980an.

Pada 1978, Samsung Semiconductor dan Samsung Electronics menjadi kesatuan yang terpisah. Samsung Aerospace Industries (kini Samsung Techwin) diluncurkan pada Februari 1987, dan Samsung berhasil mengembangkan teknologi angkasa luar dengan kecepatan tiada banding.
Samsung juga memasuki bisnis pengembangan sistem, dengan mendirikan Samsung Data Systems pada tahun 1985 (kini dikenal sebagai Samsung SDS) yang menjadi pemimpin untuk Teknologi Informasi termasuk layanan integrasi sistem, manajemen sistem, konsultasi, dan jaringan.
Fokus Samsung yang semakin meningkat pada teknologi menghasilkan didirikannya dua institut penelitian dan pengembangan perusahaan (R&D) yang membantu mengembangkan jangkauannya lebih jauh ke dalam elektronika, semikonduktor, chemical high polymer, genetic engineering, telekomunikasi optik, aerospace, dan bidang teknologi baru dari nanoteknologi untuk mengembangkan arsitektur jaringan.
Pada 19 November 1987, Pendiri Samsung Byung-Chull Lee meninggal dunia setelah hampir lima puluh tahun memimpin perusahaan. Anak laki-lakinya, Kun-Hee Lee menggantikannya sebagai Chairman baru. Selama periode ini, Samsung memiliki tantangan untuk me-restrukturisasi bisnis lama dan memasuki bisnis baru dengan tujuan untuk menjadi salah satu dari lima perusahaan elektronik teratas dunia.

1994-1996 : Menjadi Kekuatan Global

1990-1993 : Berkompetisi dalam Dunia Teknologi yang Berubah

Awal 1990an menghadirkan tantangan besar untuk bisnis teknologi tinggi.

Merger, koalisi dan pembelian adalah hal biasa ketika persaingan dan konsolidasi semakin berkembang. Perusahaan ditekan untuk memikirkan kembali teknologi dan penawaran layanannya. Bisnis mulai melintasi perbatasan antarnegara dan perusahaan. Samsung membuka sebagian besar peluang ini dengan memfokuskan kembali strategis bisnisnya untuk merespon keinginan pasar dengan lebih baik.

Pada pertengahan 1990an, Samsung merevolusi usahanya melalui dedikasi untuk membuat produk berkelas dunia, dengan memberikan kepuasan pelanggan sepenuhnya, dan menjadi perusahaan yang bersih – semua di bawah visi “kualitas adalah yang utama.”

Selama masa ini, 17 produk yang berbeda – mulai dari semikonduktor hingga monitor komputer, dari layar TFT-LCD hingga tabung gambar warna – melonjak menjadi produk lima terbesar untuk pangsa pasar dunia di setiap bidang produk, dan 12 lainnya mencapai peringkat teratas di bidangnya. Menjadi nomer satu berarti juga menjalankan sejumlah kewajiban sosial korporasi, seperti kesejahteraan sosial, konservasi lingkungan, kegiatan kebudayaan, atau olah raga. Untuk tujuan tersebut, Samsung berpartisipasi aktif dalam pemasaran olah raga, dan merupakan hasil dari usaha yang sungguh-sungguh, pemimpin perusahaan, Kun-Hee Lee, terpilih sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional – International Olympic Committee (IOC) pada bulan Juli 1996, sangat meningkatkan kesan terhadap perusahaan sebagai kontributor utama di bidang atletik dunia.
1997-1999 : Melampaui Batas Digital

Meskipun pada tahun 1997 terjadi krisis keuangan yang mempengaruhi hampir semua bisnis di Korea, Samsung menjadi salah satu perusahaan yang dapat terus tumbuh, berkat kepemimpinannya di bidang teknologi digital dan jaringan, dan konsentrasinya pada bidang elektronik, keuangan dan layanan terkait.

Samsung merespons krisis dengan mengurangi jumlah perusahaan afiliasi menjadi 45 (jumlah yang sesuai dengan aturan pada Peraturan Monopoli dan Hukum Perdagangan Bebas), mengurangi hampir 50.000 orang karyawan, menjual 10 unit bisnis, dan meningkatkan struktur keuangan, menurunkan rasio utang pada tahun1997 sebesar 365% menjadi 148% pada akhir tahun 1999.

2000~sekarang : Memprakarsai Era Digital

Era digital telah membawa perubahan – dan kesempatan – yang revolusioner bagi bisnis secara global, dan Samsung telah menjawabnya dengan teknologi yang canggih, produk yang kompetitif, dan inovasi yang konstan.

Di Samsung, kami memandang setiap tantangan sebagai peluang dan kami yakin bahwa kami telah menempati posisi sempurna sebagai salah satu pemimpin yang diakui dunia di industri teknologi digital.
Komitmen kami untuk menjadi yang terbaik di dunia telah membuat kami sebagai pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produk kami, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA. Dengan pandangan ke depan, kami telah membuat kemajuan bersejarah di bidang riset dan pengembangan lini semikonduktor, termasuk flash memori dan non-memori, semikonduktor khusus pesanan, DRAM dan SRAM, dan juga memproduksi LCD yang terbaik di kelasnya, telepon seluler, peralatan digital, dan lebih banyak lagi.

2008 Yoon-Woo Lee ditunjuk sebagai Wakil Ketua & CEO of Samsung Electronics
OMNIA phone diluncurkan
Menyelesaikan pembangunan pabrik TV di Russia Kaluga
Menjadi sponsor resmi Guangzhou Asian Game 2010
Mengembangkan 2Gb 50 NANO pertama di dunia
Samsung merebut posisi pertama di pasar telepon genggam Amerika
Membuka Global Brand PR Center ‘Samsung D’light’
Posisi pangsar No.1 do seluruh dunia untuk TV yang dicapai pada kuartal ke 9 secara berturut-turut.

2007 Menduduki posisi No.1 pangsa pasar TV dunia selama tujuh kali secara berturut-turut
Mengembangkan memori Flash 30nm-class 64Gb NAND™ yang pertama di dunia
BlackJack dianugerahi penghargaan Smart Phone Terbaik pada CTIA di AS.
Meraih posisi No.1 untuk pangsa pasar LCD dunia selama enam tahun berturut-turut

2006 Mengembangkan LCD dua sisi sejati pertama di dunia
Mengembangkan 50nm 1G DRAM pertama di dunia
Memperlihatkan 10M pixel kamera ponsel
Meluncurkan “Stealth Vacuum”, penyedot debu dengan suara terendah di dunia
Meluncurkan Blu-Ray Disc Player pertama di dunia
Mengembangkan 1.72″ Super-Reflective LCD Screen

2005 Mengembangkan Panel LCD Fleksibel terbesar
Menduduki peringkat ke-27 di “Perusahaan yang Paling Dikagumi di Dunia” versi Fortune
Menjadi sponsor resmi Chelsea, klub sepakbola terkenal dari Inggris
Meluncurkan telepon dengan kamera 7 mega piksel pertama di dunia
Mengembangkan OLED pertama untuk TV 40″
Menjadi sponsor resmi Chelsea, klub sepakbola terkenal dari Inggris
Mengembangkan telepon pengenal suara pertama

2004 Memproduksi mesin cuci uap anti-kusut pertama
Menjual lebih dari 20 juta telepon seluler di AS
Mengembangkan chip memori Flash NAND 8GB 60-nano pertama di dunia
Menduduki peringkat teratas dalam penjualan ponsel di Rusia.
Meluncurkan TV PDP baru dengan perbandingan kontras tertinggi di dunia
Mengembangkan Optical Blu-Ray Disc Recorder Generasi Ke-3.
Mengembangkan chip telepon seluler untuk sistem satelit DMB.
Meluncurkan TV LCD 46″ pertama di dunia.

2003 Merek Samsung menduduki peringkat 25 di dunia menurut Interbrand
Menduduki peringkat ke-5 pada daftar “Perusahaan Elektronik Paling Dikagumi” yang diluncurkan oleh Fortune Magazine
Meluncurkan DVD HD combo pertama

2002 Pengembangan 54″TFT-LCD, monitor TV digital terbesar di dunia
Meluncurkan PDP-TV, yang paling tipis di dunia
Peluncuran ponsel berwarna yang pertama kali memperkenalkan konsep UFB-LCD
Meluncurkan telepon seluler warna TFT-LCD high-definition

2001 Menduduki peringkat 1 dari 100 perusahaan IT terbaik di dunia oleh BusinessWeek
Meluncurkan Telepon Melodi Progresi 16 Chord
Mengawali Produksi Massal Perangkat Memori Flash 512 Mb
Meluncurkan Handset Ultra-Slim Pertama di Industri ini
Mengembangkan Monitor TFT-LCD 40 inci pertama di dunia

2000 Meluncurkan TFT-LCD dengan Record-breaking Definition
Meluncurkan telepon PDA
Samsung Olympic Games Phone terpilih sebagai ponsel resmi Olimpiade Sydney 2000
TV Phone dan Watch Phone Masuk dalam Guinness Book of World Records
Meluncurkan Chip Memori Grafik Tercepat di Dunia
Samsung Electronics dan Yahoo! Membentuk Aliansi Strategis
Mengembangkan DVD Player All-in-one yang Unik
Mengembangkan DRAM 512 Mb pertama di dunia
Mengembangkan The High Definition Digital TV

Satu Tanggapan to “SAMSUNG”

  1. siapapu tolong bantu………..
    masalahnya ada org iseng2 terus n tlp tiap hari dan mlm n nomor itu klo bs di blok klo ada yg tau Apps jd tlg bantuanx ya………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: